Berkenalan Dengan Sistem Pendidikan Di Jerman

Sejak dulu, negeri Jerman terkenal unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan iptek tersebut pastinya nggak lepas dari sistem pendidikan yang mantap. Beragam jenjang sekolah dan pelatihan dapat diakses oleh seluruh penduduk, lengkap dengan kurikulum dan tenaga pengajar berkualitas. Ratusan universitas dan sekolah tinggi di Jerman pun jadi incaran mahasiswa dari seluruh dunia karena mutunya. Apalagi, gelar dari institusi pendidikan di Jerman umumnya diakui secara internasional. Mari berkenalan dengan sistem pendidikan di Jerman!

SEKILAS TENTANG PENDIDIKAN DI JERMAN

Di Jerman, semua anak berusia 6 tahun ke atas wajib mengikuti pendidikan sampai tingkat menengah. Di setiap area terdapat sekolah-sekolah negeri yang dikelola oleh pemerintah. Sekolah-sekolah tersebut punya standar yang tinggi dan 100% gratis.

Tingkatan pendidikan di Jerman adalah:

  1. Sekolah Dasar (Primary School/Grundschule) ? 4 atau 6 tahun (tergantung wilayah)
  2. Sekolah Menengah (Secondary School), terdiri dari:
    1. Lower Secondary School (Hauptschule) ? 5-6 tahun; untuk siswa yang akan melanjutkan ke vocational school
    2. Lower Secondary School (Realschule) ? 6 tahun; siswa dapat melanjutkan ke vocational school,?Fachhochschule?atau sekolah tinggi bidang tertentu
    3. Higher Secondary School (Gymnasium) ? 8-9 tahun; untuk siswa yang akan melanjutkan ke universitas
    4. Comprehensive School (Gesamtschule) ? Grade 1 sampai lulus; memadukan 3 jenis kualifikasi di atas
    5. All-Day School ? materi pelajaran reguler ditambah bimbingan belajar, kegiatan olahraga, musik, dsb
    6. Vocational School (part-time:?Berufsschule/ full-time:?Berufsfacherschule) ? 2-3 tahun; untuk siswa lulusan lower secondary school
  3. Pendidikan Tinggi (Higher Education), terdiri dari:
    1. University
    2. University of Applied Science (Fachhochschule)
    3. Lain-lain (sekolah tinggi seni, musik dsb); pendidikan informal

PENDIDIKAN KEJURUAN

Pendidikan dan pelatihan kejuruan atau vokasi dapat perhatian ekstra di Jerman. Rupanya ini salah satu cara menghubungkan SDM dengan kebutuhan dunia kerja. Nggak heran, tingkat pengangguran di Jerman salah satu yang paling rendah di Eropa pada khususnya dan di dunia pada umumnya.

Sejak tingkat sekolah menengah, sudah terjadi diversifikasi jenis pendidikan. Ada banyak jenis sekolah menengah, dari yang murni menyiapkan siswa untuk jenjang universitas, yang menyiapkan siswa untuk mendalami bidang tertentu sesuai minat dan bakat, juga gabungan jenis-jenis tersebut.

Di sekolah kejuruan, selain ilmu pengetahuan inti, siswa dibekali dengan teori dan praktik di bidang yang didalami. Ada ratusan jurusan yang bisa dipilih, contohnya teknik, bisnis, musik, bahasa, seni, keperawatan, dan lain-lain.

Sebagian besar institusi pendidikan kejuruan menggabungkan kegiatan belajar paruh waktu (part-time) di kelas dan praktik magang di perusahaan. Program ini dikenal sebagai ?dual education system? karena pendidikan berlangsung di 2 setting yang saling melengkapi.

Program yang diikuti oleh sekitar 60% pemuda di Jerman ini berlangsung selama 2-3 tahun, diakhiri dengan ujian negara untuk menentukan kelulusan. Yang menarik, perusahaan di Jerman diwajibkan oleh pemerintah untuk menerima dan melatih ? bahkan memberi uang saku ? pada para peserta magang!

PENDIDIKAN TINGGI

Ada beberapa macam lembaga pendidikan tinggi di Jerman. Yang tertua adalah universitas. Universitas di Jerman sejak dulu terkenal dengan mutu akademis dan kegiatan penelitiannya. Sebagian besar universitas dikelola oleh pemerintah. Dulu universitas negeri bebas biaya, tapi sejak tahun 2007, beberapa universitas negeri menarik biaya maksimal ?500/semester.

Gelar yang didapat dari universitas Jerman adalah ?Diplom? (ilmu alam, sosial, teknik) dan ?Magister? (ilmu budaya dan bahasa), yang setara dengan gelar Master. Sejak tahun 1999, universitas-universitas di Jerman mulai menyediakan program jenjang Bachelor dan Master seperti negara-negara Eropa lainnya.

Ada juga universitas ilmu terapan (university of applied sciences/Fachhochschulen) yang tidak murni bertitik berat akademis tapi lebih berorientasi praktis atau kreatif. Sementara untuk bidang-bidang seperti seni, musik dan desain, tersedia bermacam-macam sekolah tinggi (college, akademi, konservatori, dan lain-lain).

Negara bagian North Rhine-Westphalia adalah wilayah dengan jaringan universitas terpadat di Jerman. Total terdapat 69 universitas dan universitas ilmu terapan di berbagai bidang. Sejak tahun 2011, universitas di negara bagian ini bebas biaya alias gratis!

LAIN-LAIN

Selain itu, di Jerman terdapat banyak institusi pendidikan lain, antara lain:

  • Pendidikan swasta

Sejumlah lembaga pendidikan swasta dapat ditemukan di Jerman, termasuk di antaranya sekolah-sekolah asing/internasional yang mengikuti kurikulum negara masing-masing. Di negara bagian North Rhine-Westphalia terdapat 22 sekolah asing.

  • Pendidikan informal

Bagi remaja atau dewasa yang ingin meningkatkan kemampuan di bidang-bidang tertentu, tersedia pusat pelatihan dan sekolah malam. Kalau kamu ingin belajar bahasa Jerman atau bahasa asing lain, selain lembaga pelatihan bahasa, beberapa universitas dan sekolah internasional juga menawarkan program belajar bahasa.